Sunday, December 21, 2014

Membuat Projek Baru Pada SIEMENS PCS7

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarakatuh
Mari belajar dan selamat membaca :D


MEMBUAT PROJEK BARU PADA PCS7

1.       Pertama-tama buka ‘File’ dan pilih ‘’New Project’ Wizard’.

2.       Pilih ‘Multiproject with project and master data library’. Setelah itu klik tombol ‘continue’.
3.       Pilih spesifikasi CPU yang digunakan pada controller PCS7. Setelah itu klik tombol ‘continue’.

4.       Pada keterangan ‘Plant hierarchy’ tepatnya pada ‘Number of Levels’ pilih struktur sesuai dengan yang diinginkan. Opsi ini menggambarkan struktur plant yang akan dibuat dalam sistem engineering. Pada bagian ini, kita dapat memilih hingga 5 level, tergantung dari struktur dan tingkat kompleksitas pada plant yang akan dibuat. Setelah itu klik tombol ‘continue’.
Tanda centang CFC chart menandakan bahwa projek yang kita buat akan terdiri dari aplikasi CFC yang akan digunakan pada kontrol proses, dan aplikasi SFC chart yang akan digunakan pada kontrol sekuen (Sequence Control).

5.       Gunakan pilihan arsitektur operator standalone di pilihan  ‘OS Object’. Setelah itu klik tombol ‘continue’.

6.       Berikan nama project sesuai yang diinginkan pada ‘Directory name’, dan untuk pengturan lokasi penyimpanan dapat dilakukan pada opsi ‘Storage location (path)’. Setelah itu klik opsi ‘Make’.

Setelah itu akan muncul worksheet seperti gambar diatas, karena tidak beraturan. Terlebih dahulu mengaturnya pada opsi ‘window’>>’Arange’>>’Horizontally’. Kita juga bisa mengatur posisi lain selain posisi ‘Horizontally’ yaitu posisi ‘Vertically’ dan ‘Cascade’.
 

Worksheet yang telah diatur secara ‘Horizontally’.

2 comments: